Mesin Honda Vario PGM-FI |
“Liquid cooler-nya memiliki radiator core lebih banyak untuk mendapatkan efisiensi pendinginan lebih baik, jadi kipas radiator bisa dipasang yang lebih kecil dan ringan tanpa membebani mesin,” ungkap Kenichi Sueda, Large Project Leader Global Engine for Next Generation 125 cc Scooter Honda R&D co.ltd Motorcycle R&D Center.
Ruang bakarnya juga didesain untuk menggabungkan kecepatan pembakaran dengan performa pendinginan yang maksimal, sehingga mampu menjaga torsi terus baik di putaran mesin yang sering digunakan pengendara mesin 125 cc. Honda menyempurnakan ruang bakar dengan membuat air intake baru yang memiliki efisiensi volumetrik terbaik.
Letak Busi Motor Honda Vario |
Pada transmisi automatik continuously variable transmission (CVT) dirancang memiliki ratio lebih lebar. V-belt baru dikembangkan dengan karet yang memiliki elastisitas tinggi. Efeknya mampu mengurangi selip dan memperpanjang umur sabuk karet ini.
“CVT-nya juga dilengkapi dengan cooling fan baru. Dengan turbo cooling fan, pendinginan di CVT lebih maksimal,” jelas Kenichi Sueda. Rumah final gear transmisinya juga disempurnakan, sistem pelumasannya jadi lebih baik.
Yang terakhir adalah dipasangnya ACG starter. Menggabungkan starter dengan magnet untuk pengapian dan sistem pengisian. Mesin jadi lebih ringkas karena tidak lagi memerlukan dinamo starter konvensional dan mekanisme gigi starternya. Jadi jangan kaget kalau starter Honda Vario Techno 125 PGM-FI jadi sangat halus dan tidak berisik! Sumber