Kamis, 23 Agustus 2012

Tips Cara Melepas Stiker Mobil Motor Dengan Mudah


Cara melepas stiker mobil dengan blower
Cara melepas stiker mobil dan motor - Cara untuk melepas stiker mobil atau pun stiker untuk sepeda motor sangat mudah, meskipun mudah perlu kehati-hatian agar tidak merusak cat body.

1. Hal awal yang bisa di lakukan adalah menentukan dulu stiker yang mau dibuang. Langkah ini penting, Pasalnya ada stiker penting dan harus ada di motor atau mobil. Contohnya seperti stiker cara perawatan motor, stiker ukuran tekanan angin ban, stiker spesifikasi mesin yang ada di kap mesin, stiker petunjuk rangkaian V-belt dan lain sebagainya.

2. Prioritas setelah mengetahui stiker mana yang akan di lepas dan cari stiker mana yang susah dan yang gampang dilepas dari bodi. Yang susah bila sticker yang nempel terlapisi clear coat. Sementara yang mudah tentu sticker tanpa dilapisi apapun. Dari sini bisa ditentukan mana mesti dilepas lebih dulu.

3. Cara melepas sticker tanpa clear coat. Pelepasan stiker ini lebih mudah dan cepat, apalagi bila motornya masih baru. Sebab stiker belum terlalu lengket ke bodi. Pertama, stiker dibuat sedikit lentur agar mudah lepas. Bisa pakai korek atau blower tetapi lebih di sarankan untuk menggunakan pemanas atau blower. Api korek digerakkan ke kiri dan kanan untuk memanasi stiker. Agar mudah dan cepet melepas. Setelah lentur, tinggal tarik ujung stiker.

 4. Cara melepas sticker dilapisi clear coat. Bagian ini agak sukar karena dua kali proses. Pertama mencopot dulu lapisan clear coat. Setelah itu baru mencopot stickernya. Panasin dulu dengan hair dryer pada media sticker dan pelapisnya, setelah itu baru dilakukan proses pencopotannya.

5. Panasi secara berulang-ulang Sebenarnya proses pemanasan tak cukup dilakukan sekali di awal sebelum melepas sticker. Selama tahap pelepasan sebaiknya pemanasan dilakuin terus-menerus, supaya lem tidak cepat mengeras lagi. Lakukan terus pemanasan dengan hair dryer hingga stiker terlepas semua.

6. Cara meghilangkan bekas stiker atau lem. Cara menghilangkan bekas stiker atau bekas lem stiker bisa memakai semprotan pembersih, misalnya WD-40 - anti karat atau menggunakan minyak kayu putih sambil dipoles dengan gerakan berputar searah atau menggunakan obat poles yang mengandung compound.

Memakai bensin untuk membersihkan bekas stiker memang bisa, tapi kalau telat ngelap, cat bodi bisa putih-putih, dan itu susah hilang.

Info dari berbagai sumber.
stink-nganjuk.blogspot.com
otomotif.kompas.com
www.honda-cs1.com