Mengetahui Pentingnya Pelumasan Mesin Mobil Motor

Fungsi Pelumasan Mesin Mobil - Pelumasan pada kendaraan bermotor adalah hal penting,pelumasan tidak hanya berfungsi untuk melumasi metal atau logam yang bersentuhan atau bergesekan dalam mesin, selain itu pelumasan juga ikut berperan dalam menjaga temperatur kendaraan selain cooling sistem, mengurangi bunyi mesin,sebagai perapat serta membersihkan komponen mesin.
Oli pada mesin mobil berubah jadi lumpur karena telat ganti oli
Gambar Kerak Oli Mesin Yang Pada Dinding Mesin 
Pemilihan oli mobil sebagai bahan pelumas juga perlu dipertimbangkan,karena kadang-kadang oli yang dipakai bisa menjadi penyebab rusak nya komponen mesin. Penggantian oli penting sekali jika sudah melewati km service agar kinerja mesin tetap optimal.

Perlu untuk memilih oli terbaik untuk mobil dan motor dengan kemampuan pelumasan yang baik atau memiliki viskositas yang baik sehingga tahan terhadap perubahan temperatur,serta tidak menghasilkan kerak dalam jangka waktu yang lama.

Mungkin untuk pemilik kendaraan pernah mendapati oli mesin sering kurang padahal ketika dilakukan pengecekan kebocoran oli tidak ada oli terlihat bocor atau tidak ada asap putih keluar dari knalpot yang bisa dijadikan indikasi kebocoran oli,  terus kemana oli terbuang atau bocor?

Beberapa jenis oli mobil tidak tahan pada temperatur tinggi mesin sehingga menyebabkan oli mudah menguap dan uap oli akan terhisap oleh vacum di intake manipol atau intake chamber melalui pcv atau positif crankcase ventilasi menuju ruang bakar maka hal yang wajar jika oli sering kurang, di sini diperlukan oli dengan ke tingkat penguapan ekstra rendah.
Sedikit tips cara yang mudah untuk mengetahui oli mesin mobil yang kita pakai bagus atau tidak, buka tutup oli di mesin mobil coba perhatikan kalau terdapat kerak yang menempel dalam tutup oli tersebut artinya oli yang dipakai tidak bagus.
Silakan lihat juga Aliran oli pada Mesin 1NZ-FE Toyota