TV Gambar Gelap Pada LG 21 Inchi

Artikel tips elektronika tentang TV gambar gelap atau layar tv gelap, ketika tv di hidupkan terlihat sekilas kilatan cahaya putih dari samping layar tv dan setelah itu layar gelap sedangkan pada lampu led indikator terlihat normal.

Sebenarnya artikel ini memang cocoknya adalah untuk sobat-sobat teknisi TV yang menemukan masalah atau problem TV tabung CRT dengan layar atau gambar gelap. TV layar gelap ini kebetulan saja terjadi pada tv 21 inchi dari LG dengan model RD21FB-20V dengan seri playbak 6174V-6006H tetapi bisa juga berlaku untuk tv dengan tabung atau CRT merek lain.

Di internet sendiri sebenarnya sudah banyak teknisi tv yang membahas artikel ini dengan judul artikel yang bermacam-macam seperti Cara menyegarkan tabung CRT, cara perbaiki tabung crt rusak layar gelap, G2 short heater nyala tetapi tabung terlihat gelap. Dan artikel ini ditulis oleh pengalaman dan kemampuan Admin Otomotif Qita tentang elektronika, untuk menguatkan beberapa pengalaman teknisi TV tentang Cara perbaiki short pada G2 pada tabung CRT TV.

Dari beberapa komentar pengunjung ada yang belum jelas tentang cara yang digunakan untuk memperbaiki dan belum yakin dengan cara tersebut apakah bisa memperbaiki tabung CRT yang Gelap yang di sebabkan karena short pada G2.

Short pada terminal G2 tabung CRT bisa diukur pada tegangan di G2, karena short saat di ukur tegangan menunjukan nilai NOL volt. Tetapi ketika kabel G2 dari playbak di lepas dari soket di belakang tabung dan di ukur tegangan nya terdapat tegangan di atas 300 volt.

Cara memperbaiki Layar TV Gelap karena Short pada G2
Ambil pikiran yang sederhana dan simple sebelum memperbaiki tabung CRT ini, tabung CRT rusak boleh dibilang TV itu rusak dan tidak bisa diperbaiki, lebih baik ganti tv baru. Toh harga tv sekarang sudah relativ murah dari pada beli tabung CRT.

Tetapi ini cara memperbaiki CRT rusak yang mungkin saja untung-untungan kalau berhasil ya sukur, kalau tidak, ya mau di apakan lagi.

Cara perbaiki gambar TV gelap dengan jumper G2 terminal
Perbesar Gambar Klik DISINI
Berikut adalah langkah untuk perbaiki konslet atau short G2 tabung CRT TV LG 21 Inchi dengan Model RD21FB-20V.dan kebetulan berhasil. Pahami gambar di atas dengan melihat langkahnya di bawah ini:
1.Buka Kabel G2 atau setelan screen dari belakang tabung

2.Buka kapasitor tegangan tinggi pada G2 dari PCB

3.Ambil Dioda ukuran 1 ampere, lihat Fungsi Dioda

4.Pasang Dioda pada terminal G2 yang sudah terlepas dari kabel screen dari playbak. Dioda ini dipasang dengan arah arus listrik menuju G2 kalau terbalik tidak bisa.

5.Sambung kan kabel dari tegangan 180 volt yang ada di PCB terminal di belakang tabung

6.Amankan kabel G2 yang dilepas tadi dengan memberi isolasi dan jangan sampai menyentuh yang lain

7.Hidupkan TV kemudian sentuhkan kabel tegangan 180 Volt tadi (langkah No 5) ke ujung dioda yang tersambung ke G2, sentuhkan kurang dari satu detik atau asal sentuh saja.

8.Saat disentuhkan terdengan suara cetas dari dalam tabung dan Setelah tersentuh terdengar suara mendesis dari dalam tabung, kemudian matikan TV.

9.Pasang kembali capasitor yang dilepas pada terminal G2 tadi, buka solderan kabel 180 volt yang di pakai untuk jumper dan pasang kembali kabel G2 pada soket nya.

10. Terakhir hidupkan TV,

Untuk cara yang di tulis di sini Infoku Info Kita ini TV berhasil hidup dan normal kembali, Layar atau gambar kembali normal.