Kamis, 30 Agustus 2012

Langkah Kerja Kopling Mobil Dengan Transmisi Manual

Langkah kerja atau cara kerja Kopling Mobil dengan Manual Transmisi - Alasan penyebab mobil perlu kopling karena mesin mobil berputar secara terus-menerus, tetapi roda mobil tidak. Agar mobil bisa berhenti dengan tidak mematikan mesin, putaran roda harus bisa terputus dari putaran mesin mobil. Jadi dengan adanya kopling memungkinkan kita saat mengemudi mobil untuk lancar memutus serta menyambungkan mesin mobil dengan putaran Roda.

Langkah kerja kopling mobil pada manual Transmisi di bagi menjadi dua bagian yaitu langkah kerja kopling mobil saat pedal kopling di injak dan langkah kerja kopling mobil saat pedal kopling di lepas.

  1. Saat pedal Kopling di injak - Release fork menekan release bearing, release bearing menekan release lever sehingga mengangkat pressure plat melalui pivot pin melawan tekanan pressure spring dan menyebabkan plat kopling terbebas atau tidak terjepit antara flywheel dan pressure plate dan putaran mesin tidak dapat diteruskan ke input shaft transmisi.
  2. Saat pedal Kopling di lepas - Release fork tidak menekan release bearing, release bearing tidak menekan release lever sehingga pressure spring menekan pressure plat lalu nenekan disc clutch  ke flywheel sehingga putaran mesin dapat diteruskan ke input shaft transmisi.

Video Cara Kerja Kopling Mobil Manual

Mari kita lihat video cara kerja kopling mobil di bawah untuk lebih memahami tentang bagaimana cara kerja kopling mobil untuk meneruskan putaran mesin mobil ke gearbox atau transmisi.


Lihat juga
komponen kopling mobil manual beserta fungsinya.
Cara periksa kondisi Plat kopling atau Disc clutch Mobil
Mengetahui Penyebab dan Solusi Tips Kopling Berat