Jumat, 31 Agustus 2012

Tips Cara Mengetahui Radiator Tidak Berfungsi

Cara Mengetahui Radiator Mobil Tidak Berfungsi - Radiator pada mobil berfungsi sebagai media untuk membuang panas mesin dengan bantuan kipas radiator baik berupa motor listrik atau pun visco fan yang di gerakan oleh putaran mesin mobil.


Mekanisme radiator adalah menampung air panas dari mesin, air panas berada pada bagian paling atas dan yang lebih dingin berada di bagian bawah, setelah di dinginkan oleh kipas radiator, menunggu bersirkulasi ke mesin setelah thermostat terbuka.
System Diagram Engine Coolant

Radiator jika tidak berfungsi dengan baik akan membawa pengaruh pada mesin mobil yang beakibat pada overheating. Tidak berfungsinya radiator biasa disebabkan oleh :
  1. Kerak yang menempel pada bagian dalam radiator.serta kotoran yang berasal dari pengisian air biasa atau air sumur yang mengandung zat besi. Dan kotoran tersebut menyumbat saluran air radiator. Silakan lihat di Perawatan sistem pendingin mesin mobil.
  2. Terjadi kebocoran pada radiator sehingga air radiator akan keluar baik kebocoran pada tutup radiator, kebocoran pada sirip radiator, bocor slang radiator, bocor pada upper tank atau pun lower tank radiator. Terdapat tanda air menetes saat mesin mobil hidup.
  3. Terjadi penggembungan pada fin atau sirip radiator, jarang terjadi, tetapi bisa saja suatu saat kita temui. Dan penggembungan pada fin radiator terjadi karena tekanan dalam air radiator berlebihan, lihat akibat rusak nya tutup radiator.
Sekarang bagaimana mengetahui radiator tidak berfungsi sebagai mana mestinya, untuk point ke dua dan ketiga di atas sudah jelas karena akan terdapat tanda khas secara fisik, sedangkan untuk point pertama yaitu saluran air radiator tersumbat bisa dilihat dari :

Pertama bisa di ketahui dari lamanya Elektrik Fan hidup yang disebabkan karena banyak saluran air radiator yang tersumbat sehingga kemampuan pendinginan air radiator oleh fan radiator kurang yang membuat air radiator lama didinginkan, sensor air radiator (water temperatur sensor) akan terus memerintahkan kipas radiator untuk terus berputar.

Emgine Coolant System

Kedua untuk mengetahui kondisi Radiator tidak berfungsi dengan baik karena tersumbat adalah saat sudah temperatur kerja mesin mobil dan termostat sudah terbuka kipas radiator hidup, sambil buka tutup radiator, ketika mesin stasioner atau pun di gas 1500 rpm, air radiator tidak terlihat turun dengan cepat mengikuti putaran water pump yang berputar mengikuti putaran mesin. Perhatian cara ini jangan di lakukan jika belum berpengalaman ya. Terima kasih.
Silakan lihat juga Kumpulan Artikel Tentang Sistem Pendingin Mesin Mobil