Tips Cara Melamar Kerja Secara Online Via Email

Melamar kerja lewat email
Tips Melamar Kerja Lewat Email – Melamar kerja via email kenapa tidak? Banyak perusahaan pencari tenaga kerja yang membuka lowongan kerja secara Online. Memang sudah zaman IT atau karena tidak mau repot berhadapan dengan banyak orang yang melamar kerja.

Penyedia jobs online biasanya juga sudah menyediakan form secara khusus, tinggal yang kita buat adalah rangkuman pengalaman kerja atau resume ataupun cv, kemudian kita upload resume tersebut pada form jobs online yang tesedia.

Buat para pencari kerja, melamar kerja lewat email akan sangat menolongnya guna mengirimkan surat lamaran kerja secara cepat dan efiisen. Karena mereka tidak perlu repot datang jauh-jauh yang tentu saja akan menguras tenaga dan tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan.

Faktanya adalah, mengirimkan surat lamaran kerja melalui email atau surat elektronik tidak sama dengan surat lamaran kerja yang dikirim tertulis melalui pos. Sebelum mengirimkan surat lamaran kerja melalui email, ada baiknya setiap pelamar memahami dan mengerti tips melamar kerja lewat email.

Beberapa tips melamar kerja secara Online lewat email

Tips melamar kerja lewat email yang pertama : Singkat dan jelas
Menuliskan judul dalam surat lamaran kerja melalui email harus dengan kalimat singkat dan jelas. Sebagai contoh untuk menuliskan judul tersebut ,”Lamaran untuk Posisi Sekretaris manager”. Perhatikan juga serta jangan lupa untuk membaca dengan teliti iklan lowongan kerja yang sangat sering meminta kepada pelamar untuk mencantumkan kode tertentu dalam judul atau perihal email lamaran kerja Anda.

Tips melamar kerja lewat email yang kedua : Cantumkan foto
Jangan lupa mencantumkan foto dalam lamaran kerja Anda. Tetapi perlu diingat bahwa Anda tidak perlu menggunakan foto dengan tingkat resolusi yang paling baik. Justru hal tersebut akan semakin mempersulit pihak HRD atau tim seleksi ketika akan membuka file foto Anda.

Tips melamar kerja lewat email yang ketiga : Gaya bahasa
Melamar kerja bukanlah sedang menulis artikel atau sedang ngeblog. Dalam menuliskan surat lamaran kerja, gunakan gaya bahasa yang singkat dan sederhana tetapi sangat jelas. Tidak akan ada staf HRD yang mau membuang-buang waktu serta berlama-lama guna membaca surat lamaran kerja dengan kalimat yang panjang dan bahasa yang puitis bak sastrawan. Jika Anda menulisnya hingga sampai dua halaman seperti artikel maka siap-siaplah untuk tidak menerima panggilan wawancara.

Tips melamar kerja lewat email yang keempat : Data diri lengkap
Satu hal yang tidak kalah penting adalah mencantumkan biodata. Maka cantumkan biodata Anda dengan lengkap dan berdasarkan data yang sebenar-benarnya. Hal-hal yang perlu dicantumkan dalam biodata Anda misalnya adalah tempat dan tanggal lahir, alamat rumah, nomor telpon genggam dan nomor telepon rumah jika ada dan data-data lain yang diperlukan untuk menjelaskan status Anda.

Hal yang musti harus di lakukan sesudah mengirimkan surat lamaran kerja lewat email, tentu saja harus rajin atau sering membuka email yang masuk. Untuk antisipasi bahwa Anda segera mendapatkan balasan dan Anda mengetahuinya.

Lihat juga tips Sukses wawancara Kerja