Hal Terpenting Yang Perlu Diketahui Saat Wawancara Kerja

Tips Sukses dalam wawancara Kerja - Agar wawancara magang atau wawancara saat mencari pekerjaan sukses dan berhasil, maka Kita perlu mempersiapkan segalanya dengan baik dan bersungguh-sungguh.

Kita perlu untuk mempersiapkanlah segala aspek yang mungkin terjadi dalam wawancara kerja tersebut, sehingga apabila Kita berhadapan dengan pertanyaan atau permintaan tersebut, Kita sudah dapat menanganinya dan bahkan dianggap sebagai kandidat yang sangat qualified untuk posisi pekerjaan yang ditawarkan tersebut.

Mempersiapkan diri untuk menghadapi interview atau wawancara kerja adalah sangat penting, maka berikut ini beberapa hal yang harus Kita persiapkan atau beberapa tips sukses dalam wawancara kerja yang di kutip dari softskill.bakrie.ac.id semoga bermanfaat.

1      Data Dan Informasi.
Jajaran manajemen perusahaan, umumnya tidak akan memiliki banyak waktu untuk mewawancarai Anda. Oleh karena itu, Anda harus bertindak proaktif untuk membantu memperlancar komunikasi. Persiapkan filing (map transparan) yang umum disebut Interview Kit dan simpan dokumen-dokumen penting misalnya CV terbaru, ijazah, sertifikat bidang keahlian dan training, sertifikat penghargaan yang Anda miliki serta dokumen resmi lainnya ke dalam map tersebut. Selain itu Anda harus membuat beberapa lembar fotokopinya.

Jika Anda memiliki hasil karya atau bukti karya yang menunjukkan bahwa Anda pernah mencapai suatu prestasi, maka Anda perlu menyertakannya dalam bentuk foto, gambar atau kalau mungkin hasil karya tersebut. Interview Kit sangat berguna untuk memberikan gambaran visual diri Anda. Untuk Anda yang memiliki keahlian dalam bidang kreatif, jangan lupa siapkan portofolio, misalnya bidang progam komputer (printoutnya), fotografi, desain grafis atau periklanan.

2      Daftar Keahlian Anda
Daftar keahlian atau ketrampilan akan membantu Anda dalam menjawab pertanyaan yang menyangkut tentang kelebihan Anda. Keahlian tersebut bisa mengenai penggunaan internet, penggunaan software akuntansi tertentu, pemrograman, perpajakan, analisis keuangan atau sertifikasi lainnya baik lokal maupun internasional yang Anda kuasai atau miliki.

3      Persiapkan Jawaban
Anda harus berlatih untuk menjawab pertanyaan yang diajukan dengan menjawab kurang dari 30 detik. Cara ini dapat dipergunakan untuk menjawab pertanyaan seperti: “Ceritakan tentang diri Anda?”, “Mengapa ingin Magang disini?”.  Berlatih memberikan jawaban singkat dan jelas untuk pertanyaan pokok, yaitu pertanyaan seperti, “Apa kelebihan Anda?” atau “Apakah kelemahan Anda?” sehingga pertanyaan tersbut dapat Anda jawab dengan lancar. Persiapkan pula apa yang harus Anda sampaikan untuk mengakhiri wawancara.

4      Penampilan
Anda dapat menilai orang dari penampilannya, demikian pula orang lain akan menilai penampilan Anda. Untuk itu, Anda harus mempersiapkan diri dengan berlatih dan melihat bagaimana sikap Anda pada waktu wawancara. Cara paling efektif adalah dengan mempergunakan kamera video dan alat rekam untuk mendengar suara dan melihat postur tubuh saat wawancara. Minta bantuan teman untuk pura-pura berperan sebagai pewawancara. Usahakan berbicara dengan bahasa baku, terstruktur dan jelas. Lihat kembali rekaman tersebut untuk mengevaluasi penampilan Anda agar dapat diperbaiki sebelum wawancara yang sebenarnya.

5      Contoh Kejadian Atau Pengalaman
Cerita yang Anda sampaikan kepada pewawancara dianggap mencerminkan apa yang kelak Anda lakukan pada waktu magang. Oleh karena itu, pada waktu wawancara sebaiknya Anda memilih contoh pengalaman yang dapat memberikan kesan positif tentang diri Anda,  bukan yang hanya mengesankan bagi diri Anda saja, namun juga orang lain. Coba ceritakan contoh kejadian atau pengalaman Anda pada rekan, untuk mengevaluasi kesan yang dapat ditimbulkan oleh cerita itu. Jika menimbulkan kesan negatif bagi rekan Anda, maka jangan mencoba mengungkapkan hal tersebut kepada pewawancara.

6      Jabat Tangan Pewawancara Dengan Tegas
Jabat tangan pewawancara dengan tegas dengan memandang kedua matanya. Sapa namanya dengan lembut dan sopan saat masuk dan meninggalkan ruangan. Ucapkan salam misalnya  “Selamat Siang Bapak”, jangan berlebihan.

7      Dengar Pertanyaan dan Jawab Dengan Ringkas
Dengarkan semua pertanyaan dengan seksama dan jawablah dengan ringkas. Dengan demikian Anda dapat membangun kesan bahwa mahir dalam berkomunikasi dan cepat dalam berpikir. Jika ada pertanyaan yang tidak jelas, coba tanyakan sekali lagi supaya Anda benar-benar yakin telah mengerti inti pertanyaan. Namun jangan sampai Anda bertanya berulang kali.

8      Aktif Dalam Berkomunikasi
Ciptakan suasana terhubung dan Anda dapat mengajukan pertanyaan berkaitan dengan hal yang dijelaskan oleh pewawancara. Misalnya saat sedang berbicara tentang komputer, Anda dapat menyanyakan sistem apa yang dipergunakan oleh perusahaan tersebut. Berikan beberapa contoh pengalaman Anda mengenai sistem komputer tersebut.

9      Perlihatkan Minat dan Semangat
Sikap lesu, kelihatan lelah, kusut dan ekspresi wajah yang monoton membuat pewawancara tidak berminat dan tidak yakin akan kemampuan Anda. Dengan sikap duduk tegak, ekspresi wajah yang berminat dan semangat, Anda dapat memulai menunjukkan bahwa Anda akan mampu melakukan magang dengan pengetahuan, kompetensi dan ketrampilan Anda.

Semoga bermanfaat Tips Sukses dalam wawancara Kerja di atas.