Selasa, 25 September 2012

Cairan Pendingin Radiator Dan Fungsinya

Fungsi coolant sebagai air radiator - Coolant adalah cairan pendingin radiator atau air radiator berfungsi untuk menaikan titik didih air radiator mesin atau menjaga suhu kerja mesin supaya tetap ideal dan menghindari over heating  pada mesin.

Radiator Coolant Kemasan
Syarat untuk radiator coolant yang bagus adalah
  1. Tidak mengakibatkan karat atau korosi pada radiator serta tidak merusak seal di dalamnya seperti karet thermostat, karet tutup radiator,karet upper tank dan karet lower tank radiator serta water pump atau pompa air mesin mobil agar tidak mengakibatkan kebocoran water pump.
  2. Tidak meninggalkan kerak atau kotoran pada komponen logam yang ada pada sistem pendinginan yang bisa membuat tersumbat saluran air, terutama saluran air pada radiator.
  3. Radiator coolant harus memiliki titik didih yang tinggi lebih dari titik didih air agar air radiator tidak mudah menguap lewat reservoir, sehingga fungsi pendinginan menjadi maksimal.
  4. Tidak menimbulkan buih atau busa yang membuat banyak udara terjebak didalam sistem pendingin sehingga mengurangi kemampuan pendinginan mesin.
Dengan menggunakan radiator coolant yang memiliki kemampuan yang baik untuk mengatasi hal-hal di atas, akan membuat kenyamanan saat kita berkendara.