Rabu, 05 September 2012

Tips Bisnis Membuat Telur Asin

Telur Asin
Tips bisnis Membuat Telur Asin - Telur asin adalah telur yang sudah di-asin-kan atau diberikan garam berlebih untuk menonaktifkan enzim perombak. Kebanyakan telur asin atau telur yang diasinkan adalah telur itik, karena telur itik atau telur bebek memiliki pori-pori yang lebih besar, sehingga mudah untuk di asinkan, meski tidak menutup kemungkinan untuk telur-telur yang lain. Telur asin atau telur yang sudah di asinkan baik dikonsumsi dalam waktu satu bulan.

Telur merupakan salah satu hasil ternak yang memiliki manfaat besar dalam mengatasi masalah gizi, karena telur sarat akan zat gizi yang diperlukan untuk kesehatan tubuh. Zat-zat gizi yang ada pada telur sangat mudah dicerna dan dimanfaatkan oleh tubuh.

Telur sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, ibu hamil dan menyusui, orang yang sedang sakit atau dalam proses penyembuhan atau pun untuk di konsumsi oleh orang yang sudah lanjut usia. Mengingat manfaat telur yang memang bermanfaat untuk kita tips bisnis dengan membuat telur asin ini akan bermanfaat buat kita yang masih bingung mencari pekerjaan.

Dan bisnis telur asin ini bisa menjadi penghasilan utama kita kalau dikerjakan secara serius dan tentu dengan kerja keras untuk memasarkan produk telur asin yang sudah kita buat.

Untuk menambah motivasi menekuni usaha telur asin ini, saya jadi teringat dulu sewaktu masih menjadi bagian dari tim pemasaran sebuah produk dalam memasarkan produknya. Salah satu yang berkesan adalah jual sikap Anda jangan jual produknya, artinya sikap dalam membawakan produk adalah hal utama dari pada produk yang di jual.

Berikut beberapa langkah atau cara membuat telur asin 

1.Ada 3 cara atau metode pembuatan telur asin yaitu :
  1. Telur asin dengan adonan garam berbentuk padat atau kering;
  2. Telur asin dengan adonan garam ditambah ekstrak daun teh;
  3. Telur asin dengan adonan garam, dan kemudian direndam dalam ekstrak atau cairan teh
2. Bahan untuk buat telur asin
  1. Telur bebek yang bermutu baik 30 butir
  2. Abu gosok atau bubuk batu bata merah 1 ½ liter
  3. Garam dapur ½ kg
  4. Larutan daun teh (bila perlu) 50 gram teh / 3 liter air
  5. Air bersih secukupnya
3. Peralatan yang perlu dipersiapkan
  1. Ember plastik
  2. Kuali tanah atau panci
  3. Kompor atau alat pemanas
  4. Alat pengaduk
  5. Stoples atau alat penyimpan telur
4. Langkah atau Cara Membuat Telur Asin
  1. Pilih telur yang bermutu baik (tidak retak atau busuk);
  2. Bersihkan telur dengan jalan mencuci atau dilap dengan air hangat,kemudian keringkan
  3. Amplas seluruh permukaan telur agar pori-porinya terbuka;
  4. Buat adonan pengasin yang terdiri dari campuran abu gosok dan garam,dengan perbandingan sama (1:1).Dapat pula digunakan adonan yang terdiri dari campuran bubuk bata merah dengan garam
  5. Tambahkan sedikit air ke dalam adonan kemudian aduk sampai adonan berbentuk pasta
  6. Bungkus telur dengan adonan satu persatu secara merata sekeliling permukaan telur, kira-kira setebal 1~2 mm
  7. Simpan telur dalam kuali tanah atau ember plastik selama 15 ~ 20 hari.Usahakan agar telur tidak pecah,simpan di tempat yang bersih dan terbuka
  8. Setelah selesai bersihkan telur dari adonan kemudian rendam dalam larutan
    teh selama 8 hari bila perlu.
Beberapa Tips agar telur asin bisa lebih tahan Lama
  • Asin tidaknya telur asin dan keawetannya, sangat tergantung pada kadar garam yang diberikan. Semakin tinggi kadar garam, akan semakin awet telur yang diasinkan, tetapi rasanya akan semakin asin.
  • Telur asin matang tahan selama 2~3 minggu, sedangkan pembubuhan larutan teh dalam adonan pengasin dapat meningkatkan ketahanan telur asin sampai 6 minggu.
  • Penggunaan ekstrak daun teh bertujuan agar zat tanin yang terkandung dalam daun teh dapat menutupi pori-pori kulit telur serta memberikan warna coklat muda yang menarik dan bau telur asin yang dihasilkan lebih disukai.
Download tentang cara buat telur asin dan pelajari secara Offline DISINI